1.
Analisis
kebutuhan dan karakteristik siswa
Teori peluang memiliki pengertian
yang sederhana tetapi terkadang peserta didik mengalami kebingungan di dalam
menyelesaikan permasalahan matematika, walaupun sebenarnya prinsip-prinsip di
dalam teori peluang ini dapat dilihat di
dalam kehidupan sehari-hari.
Penerapan teori peluang ini
seringkali ada di dalam berbagai permainan anak-anak, sebagai contoh pada
permainan ulartangga. Permainan ini mempergunakan dadu sebagai sarana
permainannya, pada dadu inilah teori peluang dapat diterapkan dalam permainan
ini. Namun seringkali anak-anak hanya bermain dan kurang memperhatikan
bagaimana pola pergerakan dari dadu ini. Kesulitan siswa yang lain yaitu ketika
harus menyelesaikan soal cerita mengenai peluang, mereka terkadang sulit untuk
membayangkannya.
2. Tujuan
pemanfaatan media
- Peserta didik dapat membedakan arti dari ruang sampel, titik sampel dan kejadian dari suatu peluang kejadian
- Peserta didik dapat memahami pengertian ruang sampel dan kejadian dari suatu percobaan dengan benar dan tepat.
- Peserta didik dapat memahami teori peluang yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari .
- Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan mengenai peluang dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Pengembangan
tahapan pembelajaran
Melalui pengalaman menggunakan media pembelajaran
ini, peserta didik mampu membayangkan dan membedakan berbagai permasalahan
matematika pada materi peluang sehingga dapat menyelesaikannya dengan tepat.
Terciptanya pengalaman belajar materi peluang yang menarik & menyenangkan
sehingga dapat meningkatkan kualitas belajar.
4.
Rancangan
alat evaluasi
5. Rancangan
media
a. Pesan : Media
ini membantu siswa menyelesaikan soal-soal tentang teori peluang dengan benar
dan tepat.
b.
Alat : audio,
laptop, speaker, viewer, kamera digital
c.
Bahan dan
spesifikasi : materi pelajaran kelas XI, semester 1
d.
Lingkungan : dapat dipergunakan di kelas maupun individu.
e.
Storyboard
Storyboard
No.
Slide
|
Jenis
Media
|
Isi
/ Pesan
|
Keterangan
|
1.
|
Teks, gambar, audio
|
Judul materi
|
Pembuka, untuk memulai media siswa
dapat meng-klik “Klik di sini”
|
2.
|
Teks, gambar, audio
|
Transisi
|
Otomatis
|
3.
|
Teks, gambar bergerak
|
Halaman judul dan menu
|
Siswa dapat memilih menu yang
diinginkan.
(On klik)
|
4.
|
Teks, gambar
|
Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
|
Siswa dapat membaca SK&KD lalu
memilih menu lain yang diinginkan.
(On klik)
|
5.
|
Teks, gambar
|
Pilihan menu materi
|
Siswa dapat memilih materi yang
diinginkan
(On klik)
|
6.
|
Teks, gambar, audio
|
Alat-alat untuk percobaan yang terkait dengan
peluang
|
Siswa dapat melihat alat-alat yang
terkait dengan peluang.
(Otomatis)
|
7.
|
Teks, video, audio
|
Pengertian tentang
percobaan/eksperimen dan contohnya. Video tentang pelemparan uang logam dan
dadu
|
Siswa dapat mengetahui pengertian
percobaan dan contohnya. Siswa dapat melihat contoh pelemparan uang
logam/dadu.
(Otomatis)
|
8.
|
Teks, gambar, audio
|
Gambar tentang sisi mata uang
logam
|
Siswa dapat melihat sisi uang
logam. (Otomatis)
|
9.
|
Teks, gambar animasi, audio
|
Gambar animasi tentang dadu
beserta uraian pemunculan yang mungkin terjadi.
|
Siswa dapat mengetahui berbagai
kemungkinan pemunculan yang mungkin terjadi dari suatu percobaan. (Otomatis)
|
10.
|
Teks, gambar animasi, audio
|
Gambar animasi tentang kartu remi
dan pilihan untuk kembali tentang materi percobaan atau kembali ke menu.
|
Siswa dapat melihat sisi kartu
remi kemudian siswa dapat memilih untuk kembali ke menu atau mengulang materi
tentang percobaan dari awal. (Otomatis dan On klik)
|
11.
|
Teks, audio
|
Pengertian dari pemunculan, ruang
sampel, dan kejadian.
|
Siswa dapat membaca pengertian
dari pemunculan, ruang sampel, dan kejadian. (On klik)
|
12.
|
Teks, audio, gambar animasi
|
Hasil dari percobaan melempar
sekeping mata uang logam
|
Siswa dapat mengerti perbedaan
antara ruang sampel, titik sampel dan kejadian serta dapat menentukan
banyaknya titik dalam ruang sampel.
(Otomatis)
|
13.
|
Teks, gambar animasi, diagram,
audio
|
Diagram pohon tentang pelemparan
mata uang logam beserta keterangannya
|
Siswa dapat menggambarkan suatu
hasil percobaan pada pelemparan dua keping mata uang logam dengan diagram
pohon sehingga siswa dapat membuat diagram pohon pada pelemparan beberapa
keping uang logam. (Otomatis)
|
14.
|
Teks, diagram, audio
|
Contoh kejadian pada percobaan
pelemparan uang logam.
|
Siswa dapat mengetahui contoh
kejadian pada percobaan pelemparan mata uang logam. (Otomatis)
|
15.
|
Teks, gambar animasi, audio
|
Contoh kejadian pada percobaan
pelemparan dadu
|
Siswa dapat mengerti perbedaan
antara ruang sampel, titik sampel dan kejadian serta dapat menentukan
banyaknya titik dalam ruang sampel. (Otomatis)
|
16.
|
Teks, tabel, audio
|
Tabel tentang pelemparan dua buah
dadu beserta keterangannya
|
Siswa dapat menggambarkan suatu
hasil percobaan pada pelemparan dua buah dadu dengan menuliskan pada tebel
sehingga siswa dapat membuat tabel pada pelemparan beberapa buah dadu. (Otomatis)
|
17.
|
Teks, tabel, audio
|
Diagram pohon tentang pelemparan
dua buah dadu beserta keterangannya
|
Siswa dapat mengetahui contoh
kejadian pada percobaan pelemparan dua buah dadu kemudian siswa dapat memilih
untuk kembali ke menu atau mengulang materi tentang percobaan dari awal.
(Otomatis dan On Klik)
|
18.
|
Teks, audio
|
Pengertian dan rumus menentukan
peluang kejadian.
|
Siswa dapat mengerti pengertian
dan menentukan peluang kejadian. (Otomatis)
|
19.
|
Teks, audio
|
Contoh soal
|
Siswa dapat mengetahui cara
menyelesaikan suatu soal tentang peluang kejadian kemudian siswa dapat
memilih untuk kembali ke menu atau mengulang materi tentang percobaan dari
awal. (Otomatis dan On klik)
|
20.
|
Teks, audio
|
Memulai jalajah soal
|
Siswa dapat meng-klik bagian yang
sudah disediakan. (On klik)
|
21-25
|
Teks,
|
Jelajah soal
|
Siswa dapat berlatih mengerjakan
soal-soal berkaitan dengan materi peluang. (Otomatis dan On-klik)
|
26
|
Teks
|
Nilai
|
Siswa dapat mengetahui nilai dari
pengerjaan latihan soal kemudian siswa dapat melihat pembahasan dari
soal-soal tersebut dengan meng-klik “Klik di sini”. (Otomatis dan On-klik)
|
27-31
|
Teks
|
Penyelesaian
|
Siswa dapat mngetahui penyelesaian
dari soal-soal yang ada. (On-klik)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar