Minggu, 09 Juni 2013

Ruang Sampel dan Peluang dari suatu Kejadian



1.  Analisis kebutuhan dan karakteristik siswa
Teori peluang memiliki pengertian yang sederhana tetapi terkadang peserta didik mengalami kebingungan di dalam menyelesaikan permasalahan matematika, walaupun sebenarnya prinsip-prinsip di dalam  teori peluang ini dapat dilihat di dalam kehidupan sehari-hari.
Penerapan teori peluang ini seringkali ada di dalam berbagai permainan anak-anak, sebagai contoh pada permainan ulartangga. Permainan ini mempergunakan dadu sebagai sarana permainannya, pada dadu inilah teori peluang dapat diterapkan dalam permainan ini. Namun seringkali anak-anak hanya bermain dan kurang memperhatikan bagaimana pola pergerakan dari dadu ini. Kesulitan siswa yang lain yaitu ketika harus menyelesaikan soal cerita mengenai peluang, mereka terkadang sulit untuk membayangkannya.
2.  Tujuan pemanfaatan media
  • Peserta didik dapat membedakan arti dari ruang sampel, titik sampel dan kejadian dari suatu peluang kejadian
  • Peserta didik dapat memahami pengertian ruang sampel dan kejadian dari suatu percobaan dengan benar dan tepat.
  • Peserta didik dapat memahami teori peluang yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari .
  • Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan mengenai peluang dalam kehidupan sehari-hari.
3.  Pengembangan tahapan pembelajaran
Melalui pengalaman menggunakan media pembelajaran ini, peserta didik mampu membayangkan dan membedakan berbagai permasalahan matematika pada materi peluang sehingga dapat menyelesaikannya dengan tepat. Terciptanya pengalaman belajar materi peluang yang menarik & menyenangkan sehingga dapat meningkatkan kualitas belajar.
4.  Rancangan alat evaluasi
5.  Rancangan media


a.   Pesan : Media ini membantu siswa menyelesaikan soal-soal tentang teori peluang dengan benar dan tepat.
b.      Alat : audio, laptop, speaker, viewer, kamera digital
c.       Bahan dan spesifikasi : materi pelajaran kelas XI, semester 1
d.      Lingkungan : dapat dipergunakan di kelas maupun individu.
e.      Storyboard

Storyboard
No. Slide
Jenis Media
Isi / Pesan
Keterangan
1.
Teks,  gambar, audio
Judul materi
Pembuka, untuk memulai media siswa dapat meng-klik “Klik di sini”
2.
Teks, gambar, audio
Transisi
Otomatis
3.
Teks, gambar bergerak
Halaman judul dan menu
Siswa dapat memilih menu yang diinginkan.
(On klik)
4.
Teks, gambar
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Siswa dapat membaca SK&KD lalu memilih menu lain yang diinginkan.
(On klik)
5.
Teks, gambar
Pilihan menu materi
Siswa dapat memilih materi yang diinginkan
(On klik)
6.
Teks, gambar, audio
Alat-alat untuk percobaan yang terkait dengan peluang
Siswa dapat melihat alat-alat yang terkait dengan peluang.
(Otomatis)
7.
Teks, video, audio
Pengertian tentang percobaan/eksperimen dan contohnya. Video tentang pelemparan uang logam dan dadu
Siswa dapat mengetahui pengertian percobaan dan contohnya. Siswa dapat melihat contoh pelemparan uang logam/dadu.
(Otomatis)
8.
Teks, gambar, audio
Gambar tentang sisi mata uang logam
Siswa dapat melihat sisi uang logam. (Otomatis)
9.
Teks, gambar animasi, audio
Gambar animasi tentang dadu beserta uraian pemunculan yang mungkin terjadi.
Siswa dapat mengetahui berbagai kemungkinan pemunculan yang mungkin terjadi dari suatu percobaan. (Otomatis)
10.
Teks, gambar animasi, audio
Gambar animasi tentang kartu remi dan pilihan untuk kembali tentang materi percobaan atau kembali ke menu.
Siswa dapat melihat sisi kartu remi kemudian siswa dapat memilih untuk kembali ke menu atau mengulang materi tentang percobaan dari awal. (Otomatis dan On klik)
11.
Teks, audio
Pengertian dari pemunculan, ruang sampel, dan kejadian.
Siswa dapat membaca pengertian dari pemunculan, ruang sampel, dan kejadian. (On klik)
12.
Teks, audio, gambar animasi
Hasil dari percobaan melempar sekeping mata uang logam
Siswa dapat mengerti perbedaan antara ruang sampel, titik sampel dan kejadian serta dapat menentukan banyaknya titik dalam ruang sampel.
(Otomatis)
13.
Teks, gambar animasi, diagram, audio
Diagram pohon tentang pelemparan mata uang logam beserta keterangannya
Siswa dapat menggambarkan suatu hasil percobaan pada pelemparan dua keping mata uang logam dengan diagram pohon sehingga siswa dapat membuat diagram pohon pada pelemparan beberapa keping uang logam. (Otomatis)
14.
Teks, diagram, audio
Contoh kejadian pada percobaan pelemparan uang logam.
Siswa dapat mengetahui contoh kejadian pada percobaan pelemparan mata uang logam. (Otomatis)
15.
Teks, gambar animasi, audio
Contoh kejadian pada percobaan pelemparan dadu
Siswa dapat mengerti perbedaan antara ruang sampel, titik sampel dan kejadian serta dapat menentukan banyaknya titik dalam ruang sampel. (Otomatis)
16.
Teks, tabel, audio
Tabel tentang pelemparan dua buah dadu beserta keterangannya
Siswa dapat menggambarkan suatu hasil percobaan pada pelemparan dua buah dadu dengan menuliskan pada tebel sehingga siswa dapat membuat tabel pada pelemparan beberapa buah dadu. (Otomatis)
17.
Teks, tabel, audio
Diagram pohon tentang pelemparan dua buah dadu beserta keterangannya
Siswa dapat mengetahui contoh kejadian pada percobaan pelemparan dua buah dadu kemudian siswa dapat memilih untuk kembali ke menu atau mengulang materi tentang percobaan dari awal. (Otomatis dan On Klik)
18.
Teks, audio
Pengertian dan rumus menentukan peluang kejadian.
Siswa dapat mengerti pengertian dan menentukan peluang kejadian. (Otomatis)
19.
Teks, audio
Contoh soal
Siswa dapat mengetahui cara menyelesaikan suatu soal tentang peluang kejadian kemudian siswa dapat memilih untuk kembali ke menu atau mengulang materi tentang percobaan dari awal. (Otomatis dan On klik)
20.
Teks, audio
Memulai jalajah soal
Siswa dapat meng-klik bagian yang sudah disediakan. (On klik)
21-25
Teks,
Jelajah soal
Siswa dapat berlatih mengerjakan soal-soal berkaitan dengan materi peluang. (Otomatis dan On-klik)
26
Teks
Nilai
Siswa dapat mengetahui nilai dari pengerjaan latihan soal kemudian siswa dapat melihat pembahasan dari soal-soal tersebut dengan meng-klik “Klik di sini”. (Otomatis dan On-klik)
27-31
Teks
Penyelesaian
Siswa dapat mngetahui penyelesaian dari soal-soal yang ada. (On-klik)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar