Minggu, 09 Juni 2013

Kelebihan dan Kekurangan Cara Cepat



Pernah dengar istilah Cara Cepat dalam mengerjakan soal-soal matematika? Apa yang dimaksud Cara cepat? Anda pernah dengar? Anda tertarik menggunakannya? Itu bermanfaat untuk anda? Bagi saya itu TIDAK!!!
Apa yang dimaksud Cara Cepat itu? Cara Cepat yang saya maksud adalah cara-cara pintas yang digunakan untuk mengerjakan soal-soal Matematika. Hanya dengan beberapa detik, bahkan hanya melihat, sudah tahu jawabannya. Hebat ga tuh…Seandainya semua permasalah bisa dikerjakan dengan cara cepat seperti itu. Betapa mudahnya hidup ini ya…
Kenyataannya cara cepat tersebut tidak berlaku untuk semua jenis soal dalam matematika. Apalagi klo soalnya uraian dan disuruh menjabarkan. Ya pasti salah klo pakai cara cepat…Hal ini yang sering tidak dipikirkan oleh para pelajar kita. Mungkin juga karena sistem pendidikan di Negeri ya yang masih harus terus diperbaiki. Momok ujian nasional juga sama menakutkannya dengan Matematika, ya ga? Jika hanya ingin lulus ujian nasional dan SNMPTN, cara cepat ini sangat membantu anda, apalagi soal-soalnya ga berbeda jauh dari tahun ke tahun. Tapi bagi anda yang pengen bener-bener memahami Matematika, jangan menggunakan cara cepat ini, karena hanya akan menyesatkan.
Berikut ini saya berikan kelebihan dan kekurangan cara cepat:
Kelebihan:
  1. Bisa menyelesaikan soal matematika dalam hitungan detik, bahkan tanpa berpikir.
  2. Mempermudah anda dalam mengikuti tes-tes, seperti ujian nasional dan SNMPTN, yang menggunakan pilihan ganda.
Kekurangan:

  1. Setiap soal yang berbeda, meskipun intinya sama, rumusnya beda. Jadi harus menghafal semua bentuk soal dan cara cepatnya.
  2. Pemahaman Matematika anda akan berkurang, karena matematika tidak hanya berhitung tapi juga ada proses.
  3. Dalam kehidupan nyata, cara cepat tersebut sulit diterapkan.
  4. Dan yang jelas, anda akan merasakan kekurangan cara cepat tersebut saat anda lulus, melanjutkan kuliah yang sudah tidak memakai soal-soal pilihan ganda lagi. Soal uraian membutuhkan logika dan urutan berpikir yang bagus, bukan cara cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar