Membangun pemahaman perkalian yang
selama ini sering dilakukan adalah dengan cara menyuruh anak menghafal, berdiri
di muka kelas. Bagi mereka yang tidak hafal mereka disuruh berdiri di sudut
kelas sampai pelajaran usai.
Pembelajaran seperti ini di samping
tidak menyenangkan, juga anak tidak mengetahui makna yang sebenarnya dari
perkalian itu sendiri.
Sekarang berbeda, meskipun penulis baru sekilas mengenal PMRI, namun dapat merasakan bedanya terutama dengan suasana kelas yang menjadi lebih menyenangkan dan matematika bukan lagi matapelajaran yang menakutkan.
Berikut ini pengalaman penulis mengajar perkalian dengan menggunakan tutup botol bekas sebagai media pembelajaran. Alat ini sangat sederhana dan banyak ditemukan di sekitar anak.
Sekarang berbeda, meskipun penulis baru sekilas mengenal PMRI, namun dapat merasakan bedanya terutama dengan suasana kelas yang menjadi lebih menyenangkan dan matematika bukan lagi matapelajaran yang menakutkan.
Berikut ini pengalaman penulis mengajar perkalian dengan menggunakan tutup botol bekas sebagai media pembelajaran. Alat ini sangat sederhana dan banyak ditemukan di sekitar anak.
Langkah pembelajaran sebagai
berikut:
Anak diminta mencari 10 sampai 20 tutup botol bekas, seperti teh botol, coca cola, dan sebagainya, kemudian membawanya ke sekolah.
Anak diminta mencari 10 sampai 20 tutup botol bekas, seperti teh botol, coca cola, dan sebagainya, kemudian membawanya ke sekolah.
- Kegiatan ini boleh dilakukan
berpasangan, berkelompok atau individu.
- Sebelum kita memulai pelajaran,
anak disuruh mengamati benda yang ada di sekitar, misalnya kursi dan meja.
Tanyakan berapa kaki meja atau kursi, anak akan menghitung dan menjawab 4
(empat); kemudian ditanya kalau dua atau tiga kursi berapa jumlah kakinya.
Kita bisa pindah ke obyek yang lain, kaki anak misalnya ada berapa, bila 4
anak atau 5 anak berapa jumlah kakinya, dan seterusnya. Kegiatan ini
membantu anak memahami konsep dasar perkalian sebagai penjumlahan
berulang.
- 3. Berikut anak disuruh mengeluarkan
tutup botol yang sudah mereka bawa, kemudian anak diminta menyusun tutup
botol tiga-tiga ke bawah sebanyak empat susun. Tanyakan ada berapa susun
atau berapa kali tiganya, kemudian berapa jumlahnya.
- Lakukan ini berulang-ulang
dengan jumlah yang berbeda, misalnya dua-dua ke bawah sebanyak lima atau
enam susun, kemudian ditanya jumlahnya dan seterusnya.
- Setelah mereka berulang-ulang
mencoba dan dapat memahami konsep dasar perkalian, anak diminta menulis
perkalian sesuai dengan yang mereka inginkan sebanyak sepuluh buah.
Dengan cara seperti ini anak
menemukan sendiri konsep dasar perkalian, dan yang lebih penting dari itu
pelajaran matematika menjadi bermakna dan menyenangkan. Ini modal dasar bagi
seorang guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar